Info Teknologi masa kini | Info Terkini | Tips dan Trik | Info Terbaru

Tips Memilih Laptop dan Notebook Yang Baik

Tips dan trik memilih laptop dan notebook yang baik

Memilih Laptop ataupun Notebook sangat perlu dilakukan untuk para calon pemilik laptop atau notebook. Karena sekarang ini sudah terlalu banyak merk-merk yang beredar dengan sepesifikasi-spesifikasi beraneka ragam.

Dengan itu pastinya akan membingungkan bagi kalian yang masih pemula atau baru pertama kali akan membeli laptop atau notebook. Pada kesempatan ini saya akan membagi beberapa saran yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kalian, sehingga kalian dapat memilih laptop atau notebook apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Silahkan perhatikan tips-tips di bawah ini :


1. Garansi Resmi atau PI (Paralel Import)


Sebelum kalian akan membeli laptop atau notebook, kalian putuskan dahulu mau membeli produk yang bergaransi Resmi atau PI (Paralel Import)/ BM (Black Market) alias Garansi toko.

Garansi Resmi yaitu garansi yang diberikan oleh suatu Perusahaan yang memegang hak/wewenang (Authorized) terhadap suatu merk produk dan didistribusikan melalui dealer-dealer yang ditunjuk untuk menjual produk mereka (Authorized Dealer). Dengan adanya garansi resmi Laptop atau notebook kalian akan lebih terjamin. Karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi oleh laptop atau notebook kalian, maka kalian bisa langsung bawa ke service center resminya.

Garansi PI adalah garansi yang diberikan oleh toko yang menjual suatu merk produk tertentu kepada pembeli. Disini kalian biasanya tidak bisa membawa laptop atau notebook kalian ke service center resminya. karena tidak memiliki kelengkapan yang resmi. Dan disini kita biasanya bergantung dengan Toko tempat kita membelinya.

Lalu apakah laptop atau notebook yang bergaransi PI tidak bagus? Tidak juga. Hanya saja kita tidak tahu dengan jelas, apakah barang tersebut kondisinya 100% baru / tidak, bukan barang refurbish (daur ulang / kanibal an) dan lagi garansi dari pihak penjual apakah semua bagian laptop atau notebook di garansi / tidak, adakah jaminan secara tertulis bukan hanya janji manis dari mulut penjual saja. Mengingat spare part notebook juga terkadang jarang ada dipasaran dan juga harganya tidak murah. (Garansi Resmi biasanya semua part digaransi; kecuali software, baterai dan adaptor) bahkan ada beberapa vendor yang berani garansi baterai dan adaptor.

2. Akan digunakan untuk apa Laptop atau noteboook tersebut ?


Untuk Bisnis / Produktivitas: Apakah kalian seorang eksekutif yang sering bepergian atau seorang mahasiswa, tujuan utama kalian adalah menulis dan mengedit teks, memanipulasi lembar kerja dan membuat presentasi. Jadi, kalian membutuhkan laptop atau notebook dengan keyboard yang baik, desain tahan lama dan layar tajam (tetapi yang standart sudah cukup untuk layarnya). Batrai yang tahan lama, karena kalian akan sering diluar ruangan yang tidak pasti ada sumber listrik untuk laptop atau notebook kalian, sehingga butuh batrai yang tahan lama.

Untuk Bermain Game: Jika kalian ingin bermain game keluaran terbaru yang rata rata membutuhkan sepsifikasi yang tinggi, Cobalah untuk membeli laptop dengan processor terbaru seperti Core i7 atau bisa lebih rendah dari itu seperti Core i5, i3 atau AMD, dan jika kalian memilih processor yang lebih rendah (tetapi saya menyarankan untuk processor minimal setara dengan core 2 Duo). Dan kalian juga membutuhkan pondasi sebagai penopang game itu seperti kartu grafis untuk game, RAM 2GB keatas, VGA 2GB keatas dan untuk membuatnya lebih sempurna usahakan laptop tersebut memiliki ukuran inci layar yang besar.

Untuk Desainer Profesional: Jika kalian seorang desainer yang berkecimpung dibidang mengedit video, foto atau ilustrasi, kalian memerlukan laptop dengan prosesor yang kuat, grafis yang tangguh, Solid State Drive (SSD) dan layar besar yang berresolusi tinggi (full HD atau lebih tinggi). Jadi laptop untuk Desainer spesifikasinya lebih tinggi daripada spesifikasi untuk laptop Gamer.

Atau Sekedar berselancar didunia maya / Email / aktifitas ringan lainnya: Jika kalian berencana untuk memberikan laptop kalian kepada anak-anak atau menggunakannya sebagai tambahan untuk PC utama kalian, kalian dapat membeli laptop murah atau notebook yang murah.

3. Pemilihan ukuran layar


Salah satu perbedaan mendasar antara Laptop atau Notebook dengan Dekstop PC yaitu Mobilitas. Salah satu tujuan orang menggunakan notebook untuk mobile alias dapat dengan mudah dibawa kemana saja. Berbeda dengan Dekstop PC yang sulit untuk dibawa-bawa. Dibawah ini ada tabel ukuran layar dan berat notebook (tidak termasuk perlengkapannya seperti baterai, adaptor dan tas).

Layar           Berat (+/-)             CD Rom         Type
8″              700 – 850 gram      No include     Netbook
10″            1.2 – 1.4 Kg           No Include    Netbook
11″            1.25 – 1.6 Kg         Include          Notebook
12″            1.85 – 2 Kg            Include          Notebook
13.3″         2 – 2.2 Kg              Include          Notebook
14.1″         2.35 – 2.55 Kg       Include          Notebook
15.5″         2.75 – 2.9 Kg         Include          Notebook
16.4″         3.1 – 3.4 Kg           Include          Notebook

Bila kalian tidak bermasalah dengan berat notebook maka kalian tinggal menentukan besaran layar yang kalian diinginkan sesuai dengan kebutuhan kalian. Untuk notebook yang berlayar kecil memang nyaman untuk dibawa-bawa (mobile) tetapi jika untuk mengetik / kerja lama (misalkan 2-3 Jam) tentunya akan melelahkan mata kita. Dan sebaliknya dengan notebook yang berukuran besar kita akan lebih nyaman jika kita mengetik/ kerja lama didepan notebook, hanya saja akan lebih berat untuk dibawa.

4. Batrai


Baterai merupakan salah satu komponen vital dalam sebuah barang elektronik. Sama halnya dengan gadget lainnya seperti Handphone, MP3 Player, PDA, dan sebagainya. Daya tahan baterai memegang peranan yang penting, tentunya kalian tidak ingin kenyamanan kalian terganggu karena baterai yang cepat habis bukan??

Nah, sebaiknya ketika kalian akan membeli laptop atau notebook, tanyakan lah dahulu kepada penjualnya berapa lama baterai notebook tersebut dapat bertahan. Jangan terlalu cepat percaya dengan brosur yang menyebutkan baterai yang dapat bertahan lama. Karena biasanya info yang diberikan mengenai daya tahan baterai, yaitu daya tahan baterai up to (perkiraan) / standbay. Tetapi nyatanya ketika kita pakai belum tentu sesuai.

Daya tahan baterai biasanya ditentukan dari jumlah cellnya, 3cell, 4cell, 6cell, 8cell, dan sebagainya. Semakin besar jumlah cellnya tentunya akan semakin tahan lama. Tetapi harus diperhatikan cara pemakaian kita juga kan mempengaruhi cepat/ lambatnya habis baterai tersebut. Seperti pemakaian untuk edit gambar, games, play dvd di cdrom, bluetooth, camera, 3G Modem yang aktif, kecerahan layar. Dan juga ukuran layar semakin besar tentunya akan mebutuhkan power yang lebih besar juga.

5. Keyboard dan Touchpad


Spesifikasi laptop yang paling mengesankan di dunia disegala elemen seperti RAM, VGA atau OS tidak akan begitu gahar didengar dan dipandang jika hal kecil seperti keyboard atau touchpad bermasalah.

Tanyakan kepada diri Anda beberapa pertanyaan untuk menguji kualitas penting ini: Apakah keyboard solid dan cukup ruang antara tombol yang satu dengan yang lain? Apakah touchpad merespon dengan halus saat beroperasi, atau tidak? Apakah tombol mouse memiliki klik yang memuaskan, atau apakah terasa keras? Seberapa baik gerakan multitouch bekerja?

Jika Anda membeli laptop dengan sistem operasi Windows 8.1, uji touchpad untuk memastikan berfungsi dengan baik. Secara umum, Apple dan Lenovo menawarkan keyboard terbaik dan touchpad.

6. Spesifikasi


Spesifikasi laptop atau notebook seperti CPU, hard drive, RAM dan chip grafis dapat membingungkan penggemar notebook/laptop. Apa yang Anda butuhkan benar-benar tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk lakukan dengan laptop kalian. Tugas yang lebih intensif seperti game 3D dan mengedit video HD membutuhkan komponen lebih mahal.

Berikut adalah komponen utama yang perlu diawasi saat membeli laptop.

CPU: Laptop paling mahal di pasar memiliki AMD E Series atau Intel Pentium / Celeron CPU, yang dapat digunakan sebagai produktivitas pekerjaan, game atau media tugas, juga dapat melakukan web surfing, email dan jaringan sosial. Jika Anda membeli sebuah sistem dengan prosesor Intel Core seri, pastikan kalian mendapatkan Core generasi ke-4 atau “Haswell” untuk kombo terbaik dari kinerja dan masa pakai baterai. Caranya adalah dengan mendapatkan Haswell jika nomor model dimulai dengan 4 (misal: Intel Core i5-4200U).

RAM: Untuk memori, atau RAM, bahkan laptop termurah memiliki RAM sebesar 4GB hari ini, jadi jangan cepat puas. Jika kalian bisa mendapatkan laptop dengan RAM 8GB, kalian akan lebih siap untuk aplikasi terbaru dan berat, juga dapat melakukan banyak multitasking.

Hard Disk / SSD (Solid State Drive): Bagi kebanyakan pengguna, hard disk yang cepat lebih penting daripada ukuran penyimpanan data. Jika kalian memiliki pilihan, pilihlah hard disk Solid State Drive (SSD), karena SSD mampu mengungguli hard disk yang ada saat ini, dua kali atau tiga kali lebih cepat. Namun, SSD biasanya lebih mahal dan hanya tersedia dalam kapasitas 128/256GB.

Jika kalian tidak mampu membeli SSD atau jika kalian memerlukan kapasitas yang lebih, pilihlah hard disk dengan kecepatan 7.200RPM atau lebih. Bahkan jika kalian memiliki beberapa film dan game pada hard disk kalian, 320GB harusnya menyediakan lebih dari cukup ruang penyimpanan, tapi hard disk dengan kapasitas 500GB atau 750GB biasanya tidak membutuhkan biaya yang lebih jika kalian membeli sepaket dengan laptopnya.

Cache: Beberapa Ultrabook dan notebook lain sudah memiliki 8, 16 atau 32GB cache yang dapat meningkatkan kinerja ketika dipasangkan dengan hard disk lama. Meskipun tidak akan membuat komputer kalian secepat SSD, cache yang besar akan membantu mempercepat waktu booting dan menyimpan semua data kalian pada hard disk.

Layar: Semakin banyak pixel yang kalian miliki, semakin banyak konten yang dapat dimuat pada layar, dan terlihat lebih tajam. Sebagian besar laptop yang ada sekarang memiliki resolusi 1366 x 768 pixel. Namun, jika kalian memiliki pilihan, pilihlah laptop dengan jumlah pixel yang lebih tinggi – 1600 x 900, 1920 x 1080 atau bahkan lebih tinggi. Kalian akan melihat lebih banyak dari halaman Web favorit kalian, multitask lebih baik dan memiliki meningkatkan pengalaman menonton film.

*Touch Screen: Untuk di Indonesia mungkin laptop dengan toucscreen belum begitu banyak yang memiliki meskipun banyak peminat pada laptop hybrid ini dikarenakan harganya yang cukup mahal sedangkan jika dibandingkan dengan harganya kalian mungkin sudah bisa mendapatkan laptop dengan spek tinggi. Namun, touchscreen tetap perlu menjadi pertimbangan jika kalian memiliki budget yang lebih.

Chip grafis: Untuk sebagian besar, chip grafis terintegrasi akan baik untuk tugas-tugas dasar, termasuk berselancar di Web, menonton video dan bahkan bermain beberapa game. Tapi processor grafis tersendiri seperti AMD atau Nvidia membuat perbedaan besar ketika kalian sedang bermain game berat. Processor tersebut akan memiliki memori video dedicated. Plus, sebuah GPU yang baik dapat mempercepat pemutaran video di situs seperti Hulu, atau Youtube, juga dapat mempercepat mengedit video.

DVD Room: sedikit dan lebih sedikit laptop hari ini datang dengan optik drive. Itu karena kalian dapat men-download software atau streaming video dari Web dan kemudian menyimpannya di hard disk eksternal yang sudah memiliki kapasitas hingga terrabyte. Beberapa orang kadang masih membutuhkian DVD/CD Room ini pada laptop mereka untuk menonton film atau menyimpan data pada disk.

7. Merek


Dalam membeli laptop merek melambangkan perusahaan dan kualitas yang berdiri di belakangnya. Dukungan teknis yang akurat dan tepat waktu sangat penting. Dukungan hanya bagian dari apa yang membuat merek notebook bernilai. Kalian juga harus mempertimbangkan bagaimana persaingan dalam hal desain, nilai dan seleksi, penilaian kinerja dan kriteria lainnya.

8.OS (Operating System)


Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab saat membeli laptop, terutama jika Anda belum pernah membuat peralihan dari Windows ke Mac atau jika Anda belum pernah mendengar tentang Chrome OS. Tapi gambaran singkat dari kekuatan dan kelemahan masing-masing platform akan membantu anda untuk memilih dan membeli laptop terbaik dibawah ini.

Windows
Tips memilih laptop dan Notebook yang baik

Laptop ber-OS Windows umumnya lebih terjangkau daripada Mac. Mereka juga menawarkan desain yang lebih banyak, lebih dari selusin vendor besar. Tidak seperti Apple, Microsoft dan mitra-mitranya memungkinkan pengguna untuk membeli notebook dengan layar sentuh, serta desain convertible yang memungkinkan Anda dengan mudah mengubah dari notebook ke mode tablet.

OS Windows baru telah menggantikan menu Start dengan layar start berbasis kotak layar penuh, aplikasi sentuh. Namun, Windows 8.1 memiliki modus desktop untuk menjalankan semua aplikasi yang ada. Peningkatan terbesar pada Windows 8.1 adalah fitur pencarian ditingkatkan dan multitasking lebih mudah ditawarkan oleh aplikasi modern. Sejumlah vendor masih menawarkan Windows 7 sebagai pilihan.

OS Google Chrome
Tips memilih laptop dan Notebook yang baik

Jika berselancar di Web, jejaring sosial dan email adalah prioritas kalian, membeli Chromebook bisa menjadi pilihan yang tepat. OS Google Chrome menyediakan versi browser Chrome yang diisi dengan aplikasi Web. Hanya perlu diingat bahwa Chromebook telah membatasi pengguna saat offline.

OS Apple
Tips memilih laptop dan Notebook yang baik

MacBook Air dan MacBook Pro menawarkan sistem operasi yang mudah digunakan, OS X Mavericks. Ada Launchpad iOS untuk aplikasi kalian, serta Pemberitahuan interaktif dan Finder Tabs untuk meningkatkan multitasking. Laptop yang dihasilkan Apple ini juga cenderung outclass daripada laptop ber-OS Windows ketika datang ke desain industri, touchpad dan kualitas tampilan. Sementara Windows PC menawarkan pilihan perangkat lunak yang lebih, dari Mac App Store.

9. Referensi


Yang terakhir tapi tak kalah penting. Mintalah referensi dari si penjual, brand dan tipe apakah yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Juga minta referensi dari teman, saudara dan kerabat kalian yang sudah pernah menggunakan brand tersebut. Dan juga carilah sebanyak-banyaknya informasi mengenai produk yang akan kalian beli dari dunia maya dan surat kabar untuk lebih memberikan keyakinan untuk kalian.

Itulah beberapa tips dan perbandingan penting saat membeli laptop. Dari hal diatas yang merupakan perbandingan yang ada pada laptop itu sendiri, hal yang paling penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah budget anda untuk membeli laptop. Semoga anda dapat memilih notebook yang anda inginkan dengan bijak, tepat dan sesuai.
0 Komentar untuk "Tips Memilih Laptop dan Notebook Yang Baik"

Back To Top