Info Teknologi masa kini | Info Terkini | Tips dan Trik | Info Terbaru

10 Alasan Dampak Positif Bermain Game

10 Alasan Dampak Positif Bermain Game

Bermain game itu baik ? benarkah ??
masih banyak orang yang bertanya-tanya ataupun meragukan dengan yang namanya video game. Banyak orang tua menganggap video game itu hanya berdampak negatif bagi anaknya.

Tetapi sebenarnya video game tidak hanya memiliki sisi negatif saja. Dengan pemantauan atau pengawasan yang baik dari orang tua, itu dapat memberikan dampak  positif dari video game itu sendiri.

Berikut ini adalah 10 Alasan mengapa bermain game itu bagus. Tetapi tentunya harus mengikuti beberapa syarat, salah satunya syarat usia.

1. Ketangkasan Tangan-Mata

Satu yang jelas terasa dari bermain game adalah peningkatan ketangkasan pada tangan dana mata. Mengerjakan suatu hal secara berulang-ulang akan meningkatkan beberapa jenis kemampuan, termasuk memencet tombol dan menggerakkan tombol analog. Sudah terbukti pergerakan tangan dan jari lebih akurat setelah bermain game. Kecepatan reaksi dan penalaran spasial pun turut meningkat.

2. Kerja Sama

Salah satu tema yang umum dalam video game adalah bekerja sama untuk mencapai satu tujuan. Sementara permasalahan di dunia nyata tak sebesar seperti menyelamatkan dunia dari kejahatan, kemampuan kerja sama yang diperoleh dari bermain game masih tetap berharga. Kenyataannya, bahkan beberapa praktisi industri sudah mulai memperhitungkan pengalaman leadership dalam video game dalam proses rekrutmen karyawan.

3. Mengurangi Stres

Hidup itu penuh tekanan. Setelah seharian berhadapan dengan jalanan macet, pekerjaan, tagihan, kita perlu menemukan cara sehat untuk ‘kabur’ dan relaksasi diri. Video game yang memang didesain untuk bersenang-senang membuatnya jadi pelarian sempurna dari stres, sebagaimana kita mendapatkan kepuasan instan setelah berhasil menyelesaikan tugas dalam game. Dan saat kamu ingin menghancurkan sesuatu dalam game untuk melampiaskan amarah, tak akan ada yang benar-benar terluka.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Ketika satu saat nanti jempol atau tanganmu terluka, mungkin sebaiknya kamu coba mencari kontroler video game daripada aspirin. Lingkungan alami dalam game bisa membuat otak melupakan rasa sakit. Sebagai tambahan dalam faktor distraksi (pengalih perhatian), ilmuwan menunjukkan bahwa game bahkan sepenuhnya mengubah bagaimana otak bereaksi terhadap rasa sakit.


5. Pengetahuan

Kamu mungkin terkejut saat mengetahui betapa faktualnya informasi yang terdapat dalam video game yang sekedar fiksi. Bagian paling bagusnya adalah informasi tersebut diberikan lewat cara yang menyenangkan dan diperoleh dengan cara yang keren sepanjang permainan. Bahkan game tembak menembak yang penuh kekerasan punya banyak informasi menarik semisal geografi dunia ataupun istilah-istilah dunia militer.

6. Berpikir Kritis

Mengajari seseorang tentang cara berpikir bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi video game adalah salah satu metode terbaik untuk meningkatkan kemampuan berpiki kritis. Teka-teki yang ada dalam game bisa sangat kompleks, karena memang didesain oleh tim profesional. Untuk menyelesaikan tantangan-tantangan dalam game, otak didorong sampai batasnya, dan gamer pun menjadi semakin baik dalam hal berpikir cepat dan rasional.

7. Sikap Sportif

Dalam masyarakat modern yang semakin memiliki ketakutan saat mengenalkan konsep “kekalahan” kepada anak-anak, video game mengajarkan pandangan yang lebih realistis tentang kehidupan. Jika tidak bermain bagus, kita akan kalah. Yang menakjubkan tentang gamer adalah sikap lenturnya. Gamer bisa dengan cepat memahami nikmatnya kemenangan dan pahitnya kekalahan. Saat kalah, pemain hanya akan bilang “good game”, dan kemudian melanjutkan ke pertandingan selanjutnya.

8. Kemampuan Sosial

Sebagian besar gamer lebih memilih untuk duduk menyendiri di ruangan gelap, jadi mungkin kita membayangkan bagaimana mungkin hal itu meningkatkan kemampuan sosial mereka? Kenyataannya, lingkungan game (dengan koneksi internet) yang bersahabat membuatnya jadi lebih mudah untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang asing. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa seorang introvert dan penyendiri sebetulnya bisa mengatasi ketakutan sosial mereka lewat video game.

9. Penghargaan Diri

Yang satu ini harusnya sudah cukup jelas. Satu-satunya alasan kita bermain game adalah karena menyenangkan, dan game menyenangkan karena ia membuat diri kita merasa baik. Meskipun sekedar dunia maya, video game memberi kita rasa memiliki tujuan dan pencapaian yang sangat penting. Kita bisa dengan mudah menyelesaikan hal-hal dalam game yang tak bisa dilakukan di dunia nyata, dan itu membantu meningkatkan penghargaan diri.

10. Kemampuan Navigasi

Jika kamu tersesat dan tidak punya GPS, minta bantuan saja ke gamer. Para video gamer sudah terlatih untuk membaca dan menggunakan peta sejak hari pertama, sehingga sense of direction sudah tertanam kuat dalam diri mereka. Jika kamu memiliki peta, seorang gamer akan membawamu ke manapun kamu ingin pergi. Bahkan tanpa peta sekalipun mereka akan mampu menggambarkan pengalaman mereka dan datang membawa solusi yang manjur.


Itulah 10 Alasan atau dampak positif dari bermain game, tetapi 10 hal ini bisa didapat dengan ketentuan-ketentuan yang benar. Yang pasti Bermainlah Secara Normal.
0 Komentar untuk "10 Alasan Dampak Positif Bermain Game"

Back To Top